Kamis, 14 November 2013

Panduan Dasar Berpopok Kain


Seperti semangatnya "Lebih sehat, hemat dan ramah lingkungan", berpopok kain merupakan hak bagi setiap orangtua dan bayinya. Namun ada kalanya sebagai orangtua yang baru saja berkenalan dengan popok kain modern masih dipenuhi dengan tanda tanya besar di dalam benaknya.. "POPOK KAIN APA YANG BAGUS UNTUK BAYI SAYA?"

Yang perlu digarisbawahi disini adalah penggunaan istilah "BAGUS"

Apa sih referensi kata 'bagus' itu? apakah bagus penampilannya? harganya? daya serapnya? daya tahannya? Mungkin akan berbeda di setiap pemahaman masing-masing orangtua, bahkan penjual. Ingat, secara tidak langsung penjual akan berpengaruh terhadap pilihan pembeli. Biasanya pembeli akan membeli produk yang juga telah dikonsumsi penjual, dan jika penjual menilai 'bagus' maka pembeli akan mengikutinya. Tapi belum tentu akan sesuai.
Maka jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan diatas yaitu.. "Yang cocok untuk bayi kita"

Bagaimana cara mengetahui popok kain yang cocok untuk anak kita? ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
1. Membaca review orangtua lain tentang berbagai produk popok kain.
untuk produk lokal klik https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.243531019030913&type=1
untuk produk non-lokal klik https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.250788758305139&type=1
2. mengunjungi situs2 produsen.
3. Membaca berbagai informasi tentang popok kain, seperti menyesuaikan setiap detil produk popok kain dengan kebutuhan anak kita (misal cutting, karna untuk anak yang bongsor tentu membutuhkan popok ber cutting besar dan sebaliknya, jenis inner dan insert, misal untuk yg berkulit sensitif lebih cocok dengan inner organik, atau heavy wetter sebaiknya memilih insert organik macam bamboo, hemp, dll yang menampung lebih banyak cairan ), juga informasi mengenai bahan-bahan popok kain modern (bisa dilihat di https://www.facebook.com/groups/166676086716407/doc/218401104877238/)
4. mencoba produk satu persatu berbeda merk
5. membeli produk secondhand /preloved, bisa dilihat disini https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.270863479631000&type=1

Jadi, semaksimal mungkin lakukan hal-hal tersebut diatas sebelum melempar pertanyaan ke forum. Butuh waktu untuk mengetahui popok mana yang cocok untuk bayi kita. Tidak hanya dengan bertanya dan membaca kemudian kita tahu mana yang cocok, tapi juga harus dengan pengalaman sendiri.

-adminers-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar