Selasa, 01 November 2011

Jenis2 popok kain dan perangkatnya



Cloth Diaper ada berbagai jenis, di bawah ini adalah adalah macam2 cloth diaper dan perangkatnya :
1. AIO – All-In-One diaper:

Merupakan popok yang paling menyerupai popok sekali pakai karena lapisan penyerapnya sudah dijahit menyatu. Kelebihannya adalah praktis dan mudah digunakan. Kekurangannya adalah lebih lama kering bila dijemur. Untuk menyiasati waktu kering yang lama, beberapa AIO dirancang mempunyai  penyerap yang dijahit serupa lidah.




2. AI2 – All-In-Two: 
Merupakan variasi lebih lanjut dari AIO. Material penyerap terpisah. Penggunaannya dilampirkan di atas popok. Kelebihannya lebih cepat kering. Kekurangannya yaitu kurang praktis karena mesti membawa lapisan penyerap terpisah.

3. Pocket Diapers:
Merupakan popok 2 bagian dengan system kantong. Lapisan luar (outer) terbuat dari bahan yang   waterproof dan lapisan dalam (inner) terbuat stay-dry material seperti fleece atau suede. Material penyerap dimasukkan ke dalam kantong pada saat popok digunakan, dan dikeluarkan pada saat pencucian. Kelebihannya: bahan pengisi pocket bisa ditentukan sesuai keinginan, lebih mudah dicuci dan cepat kering karena insert bisa dipisahkan, kelihatan trim/ramping bila dipakai bila tidak terlalu banyak insert yang dimasukkan. Kekurangannya: tidak sepraktis AIO.

4. Fitted Diapers: waterproof. Selain itu juga direkatkan dengan Velcro dan kancing. Fitted diapers bisa dikatakan bentuk lebih lanjut dari pre-fold diaper tapi lebih ringkas penggunaannya karena bentuknya sudah jadi.
Merupakan jenis popok kain modern dimana semua bahannya berfungsi menyerap cairan. Dikatakan  sebagai bentuk lebih lanjut dari prefold, namun lebih ringkas peng-gunaannya karena bentuknya sudah jadi, dapat berupa AIO, AI2 maupun pocket diaper. Karena tidak waterproof, pemakaiannya bisa dilengkapi dengan diaper cover.

5. Flats– one-layer : 

Kain berbentuk persegi (bisa terbuat dari bermacam bahan yang sejuk dan menyerap) yang dilipat, kemudian dipakaikan pada bayi dan disematkan dengan peniti. Hanya terdiri dari 1 lapis. Kelebihannya adalah murah, mudah di-bersihkan dan cepat kering karena tipis. Kekurangannya, kurang praktis dan mudah tembus. Ada pula yang sudah dibentuk (disebut juga contour diaper) dan mem-punyai tali sebagai penyemat, sehingga disebut dengan popok tali.

6. Pre-folds: 

Berbentuk persegi, mempunyai lapisan yang lebih tebal di bagian tengah untuk menyerap cairan. Ketebalan lapisan tergantung dari banyaknya lipatan atau tergantung dari seberapa lebar kain yang digunakan. Prefolds 4×8x4 berarti terdiri dari 4 lapisan di kedua sisi, dan 8 lapisan di tengah. Di-butuhkan peniti untuk memasangnya.     Kelebihannya adalah murah, mudah dibersihkan, dan menyerap banyak cairan dibandingkan dengan flat diaper. Kekurangannya yaitu kurang praktis, mudah tembus dan lebih lama kering karena lebih tebal.

7. Diaper Cover: 

 
Popok pembungkus yang berfungsi sebagai lapisan luar yang anti tembus/water-proof. Bisa terbuat dari bermacam bahan seperti polyester, Polyurethane Laminate (PUL), waterproof nylon, fleece atau wool.
8. Doubler:
lapisan penyerap tambahanan untuk memperbesar daya tampung diaper saat diperlukan perlindungan ekstra. Misalnya pada saat malam hari..

9. Soaker:


Istilah soaker dapat merujuk pada 2 hal. Pertama, ia dapat berarti lapisan penyerap di bagian tengah diaper. Soaker dapat dijahit ke dalam diaper (seperti pada AIO), dapat dijahit separuh hingga membentuk flap (eg. celana berlidah ), dapat sebagai insert/bahan isian pocket diaper, atau dapat diletakkan begitu saja dalam diaper. Pengertian yang kedua, soaker dapat menunjuk kepada diaper cover berbahan wool.

10. Liner:
Adalah lapisan tipis dari kain atau kertas yang ditempatkan ke dalam popok (diatas inner) untuk mempermudah pembersihan popok bila terkena feses. Feses yang menempel pada liner dari kertas bisa langsung dibuang atau disiram ke dalam toilet langsung bersamaan dengan linernya. Sedangkan liner dari kain harus dicuci. Penggunaan liner mempermudah proses pencucian karena melindungi popok dari feses secara langsung sehingga popok lebih awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar