Kamis, 14 November 2013

Tips Memilih Ukuran Popok Kain Modern yang Tepat dan Cocok [perfect fit]



Standar pengukuran clodi (popok kain modern) saat ini sering  di ukur hanya dari berat badan dan usia bayi. Baik itu untuk clodi model pocket (kantung), diaper cover (model cover) ataupun model lainnya. Padahal berat badan dan usia tidak mencerminkan ukuran pinggang (waist), ukuran lingkar paha (thigh/leg) dan tinggi badan bayi (rise = panjang dari pinggang belakang – turun diantara paha – naik ke pinggang depan/pusar). Sehingga tidak sedikit mommies yang kecewa mengapa clodi yang dipakai terasa longgar dipakai/ malah sesak membuat bayi tidak nyaman bahkan sampai menangis karena menimbulkan redmark. Hal itu terjadi karena BB dan Usia tidak secara tepat menentukan tepat atau tidak clodi merk tersebu tuntuk bayi saya.

Mulai untuk mengukur :
1. Lingkar pinggang
Bayi kita memiliki indicator alami yaitu pusar (belly botton) untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Tariklah sebuah pita pengukur (sama seperti yang dipakai oleh penjahit), melingkar ke seluruh pinggang/perut. Jangan terlalu longgar juga jangan terlalu ketat. Jangan gunakan lingkar popok sekali pakai sebagai ukuran karena pasti terlalu ketat untuk bayi anda. Setelah mendapatkan ukurannya jangan lupa untuk mencatatnya :)

2. Lingkar paha
Daerah tepat untuk mengukur lingkar paha adalah “sedikit” dibawah selangkangan. Dan bukan di area selangkangan bayi karena area ini lebih kecil lingkarnya. Jika bayi anda berpaha montok, akan terlalu ketat jika menggunakan ukuran area selangkangan. Jadi mengukurnya agak turun kebawah :) (semoga ga bingung yaaaaa).

3. Panjang popok
Ambil pita pengukur lalu tempatkan pada pinggang belakang, lalu turun ke area antara paha, lalu naik ke pinggang depan. Ukur panjangnya dan jangan lupa mencatatnya J. Pastikan tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar (kedodoran). Untuk model diaper cover bisa tambahkan sedikit size agar tidak terlalu sempit ketika digunakan berbarengan dengan fitted diaper.

Jika anda sudah mendapatkan ukuran bayi anda, bisa dipastikan anda dapat memilih ukuran clodi yang tepat dan cocok untuk bayi anda. Perhitungkan tebal insert/banyaknya insert yang akan digunakan untuk menghindari ukuran clodi yang terlalu ketat. Sayangnya, tidak semua merk clodi mencantumkan ukuran waist, thigh dan rise di keterangan produk mereka.

Contoh :  Merk GG-B-Dipe
Ukuran penggunaan :
Berat : < 15kg
Lingkar pinggang : < 55cm
Lingkar paha : < 32cm
Rise : < 44cm

Sumber : disarikan dari link ini ---> http://www.diaperjunction.com/determining-cloth-diaper-size.html (Determining cloth diaper size)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar