Minggu, 21 Oktober 2012

Susah Pakai Popok Kain? Tidak lagi dong..


  • Setiap bayi punya karakter yang unik ya bun.  Mulai dari karakter berbicara, kecepatan berjalan, percaya diri saat di tempat umum, dan tentunya karakter memakai popok kain pun juga berbeda.  Misalnya faiq, sejak kecil susaaaah kalau pakai popok kain, harus berjuang berkeringat, dan harus berdua dengan si ayah saat memakaikannya.. tapi itu hanya sementara kok, sejak tahu tips jitu yang membuat faiq luluh.  Berbeda dengan ahsana, gadis mungil kami justru tipe baby yang anteng saat dipakaikan popok kain.  Bisa jadi karena ahsana sudah mengenal clothdiaper (clodi) alias popok kain modern.  Kalau si kakak – faiq- kan masih pake popok lampin yang menurut kami, riweuh (repot), yang tiap jam harus ganti.  Jadi bosen juga dia. Kalau ahsana, memang tipe anak yang anteng aja pakai popok kain, dan sama sekali tidak ada berontak saat dipakaikan, tahu bahwa sekarang saatnya menggunakan popok kain, tahu bahwa dia akan lebih nyaman untuk mengenakan popok kain.


    Nah, bagaimana tips sederhana tapi mantab untuk diterapkan ke faiq agar tidak lagi rewel dan berontak saat mengenakan popok kain? Berikut hal sederhana itu:
    1. Meletakkan semua peralatan ganti pee di area dekat tempat tidur bayi.  Perlengkapan ganti antara lain: pakaian atau celana, cloth wipes atau tissue basah, air hangat, baskom, tempat popok kotor, handuk kecil.
    2. Menyiapkan setiap perlengkapan popok kain yang akan dikenakan pada saat itu, tepat di sebelah baby berbaring.  Nah untuk yang bagian ini, karena dulu faiq belum kenal clodi, jadi sesekali saat pergi beberapa jam menggunakan popok sekali pakai, yang tentunya harus siap krim anti ruam di dekat bayi saat akan mengganti popok.  Karena memang faiq tipe bayi berkulit sensitif.  Untuk ahsana yang sudah full clodi, sudah tidak pernah lagi menggunakan krim anti ruam. Alhamdulillah.
    3. Menyiapkan aneka mainan, tidak hanya 1, sehingga jika baby bosan dengan mainannya, masih ada alternatif lain.
    4. Saat mengenakan popok kain, nyanyikan lagu-lagu yang menyenangkan untuk bayi, termasuk tebak-tebakan sederhana, kata-kata dengan irama yang naik turun dan ekspresif.
    5. Fokuskan pandangan dan perasaan kita pada buah hati.
    6. Jika masih merasa sulit lagi, bunda bisa memilih clodi pants atau tipe pull-up pants.  selain bentuknya yang nyaman di bayi, ukurannya yang bisa cukup besar, menggunakan clodi pants sangat praktis, hanya dengan hitungan detik saja, clodi langsung terpakai. Asal settingan kancing sudah diatur, snap perut juga sudah disesuaikan, insert sudah terpasang.  beres deh.
    Dengan tips sederhana itu, menggunakan popok kain tidak lagi sulit, ngosh-ngoshan atau bahkan sampe lap keringat lagi.  Itu tips sederhanaku, apa tips sederhana bunda? Silahkan drop komentar yaa

    Vina Yunar Villa, istri dari: dr.Samsul Afandi (Sp.P wanna b ^^), bunda dari i: Fadhel Faiq dan Ahsana Nafisa, pecinta lingkungan sejak kecil, pecinta popok kain sejak faiq baby, owner www.savinashop.com, distributor clodi dkk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar